POLRES TANA TORAJA, MELAKSANAKAN APEL GELAR PASUKAN

Spread the love

Tribratanews.tanatoraja.sulsel.polri.go.id – Mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di wilayah hukum Polres Tana Toraja meliputi 2 (dua) Kabupaten yakni Tana Toraja dan Toraja Utara maka Polri beserta semua Komponen Masyarakat serta Instansi terkait akan menggelar Operasi yang bersifat kemanusian dengan sandi Lilin Lipu – 2018.

Terkait dengan hal itu, Jum’at (21/12/2018) bertempat dihalaman Mapolres Tana Toraja, digelar Apel Gelar Pasukan dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2018, Kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2018 dan Tahun baru 2019 di Wilayah hukum Polres Tana Torana” yang dipimpin oleh Waka Polres Tana Toraja Kompol Jacob Lobo, SH., MH mewakili Kapolres Tana Toraja yang diikuti oleh Para Kabag, Kasat, Para Kapolsek jajaran, Perwira staf.

Dalam sambutan Wakapolres yang membacakan Amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. H.M Tito Karnavian, M.A., Ph.D mengatakan bahwa Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personil, melakukan pengecekan sarana dam prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan tahun Baru 2019.

Operasi Lilin-2018 ini akan berlangsung selama 10 hari dimulai 23 Desember 2018 hingga tanggal 1 Januari 2019. Jumlah personil yang dikerahkan sebanyak 345 personil, yang terdiri dari berbagai unsur, yaitu Polri 226 personil, TNI 56 personil, Satpol PP 24 personil, Dinas Kesehatan 8 personil, Dinas Perhubungan 16 personil, Pemadam Kebakaran 6 personil, Jasa Raharja 4 personil, Senkom 5 personil.

“Adapun Jumlah Pos Pengamanan yang disiapkan sebanyak 8 Pos pelayanan dan pengamanan Perayaan Natal di Gereja sebanyak 40 Gereja besar (26 di Kab. Tana Toraja dan 14 di Toraja Utara) yang disiapkan dalam rangka mengantisipasi kerawanan kamtibmas jelang Natal 2018 dan Tahun baru 2019” Kata Waka Polres Tana Toraja.

Turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut yakni Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, SH, Kepala Dinas Perhubungan Tana Toraja dan Toraja Utara, kepala Satpol PP dan Damkar Tana Toraja dan Toraja Utara. Peserta Upacara terdiri dari Pleton Sat. Sabhara dan Polsek jajaran, Pleton Sat. Lantas, Pleton Bhabinkamtibmas, Pleton Resintel Narkoba, Pleton Satpol PP, Pleton Damkar, Damkar, Senkom Polri dan Dinas Kesehatan.

Pasca pelaksanaan Apel gelar pasukan, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, SH menyempatkan memberikan sambutan kepada para peserta Apel, agar dapat bersinergi untuk menciptakan situasi kamtibmas di wilayah Kab. Tana Toraja utamanya dalam menyambut 2 (dua) agenda penting selam 2 hari kedepan yakni pelaksanaan Kegiatan Trail Anventure yang akan dihadiri sekitar 2500 peserta dari penjuru Nusantara dan rencana kunjungan Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo tanggal 23 Desember 2018.
Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 10.00 Wita dengan aman dan tertib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat